Tren Ecommerce Indonesia 2018

Tren Ecommerce Indonesia 2018
Terusnya berkembang dunia penjualan elektronik (e-Commerce) di Indonesia. Melihat pertumbuhan ini Shopback sebagai platform e-Commerce cashback menganalisis beberapa hal yang akan menjadi tren di sektor e-Commerce pada 2018. Hasilnya, ada lima hal yang diprediksi akan menjadi buah bibir di sektor e-Commerce pada tahun ini.
Berikut lima tren e-Commerce tersebut:
1. Semakin banyak pedagang offline beralih ke online
Pertumbuhan positif e-Commerce di Indonesia membuat perubahan pola belanja masyarakat yang semakin bergeser ke arah elektronik atau belanja online. Hal ini membuat beberapa gerai ritel di Indonesia berhenti beroperasi. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) memprediksi akan ada lebih dari 50 gerai ritel berhenti beroperasi dan mencoba mengubah format bisnis mereka agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.
2. Mobile wallet semakin marak
Berdasarkan data lembaga riset digital eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia diprediksi akan mencapai lebih dari 100 juta.
Jumlah ini diklaim akan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar ke empat di dunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat (AS). Hal ini tentunya menjadi potensi sangat besar untuk mengembangkan mobile wallet atau dompet digital di Indonesia.
3. Jasa pengiriman di hari yang sama jadi pilihan utama
Kendala pengiriman barang yang membutuhkan waktu cukup lama, menjadi salah satu permasalahan e-commerce dalam dua tahun belakang. Kemunculan jasa transportasi online dengan fitur pengiriman barang pun menjadi solusi dari permasalahan ini.
Kecepatan dan harga terjangkau dibanding jasa pengiriman logistik konvensional, menjadi alasan konsumen lebih memilih layanan pengiriman di hari yang sama (same day service delivery) serta satu hari (one-day service delivery).
4. Penjual di Instagram beralih ke toko online
Google mencatat ketertarikan masyarakat Indonesia berkecimpung di dunia e-Commerce semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan data Top 10 pencarian populer di Google sepanjang 2017 dalam hal ‘Cara Menjadi’.
Dari data tersebut, masyarakat Indonesia ingin mengetahui cara menjadi agen Bukalapak, reseller toko online dan penjual Lazada, yang masing-masing berada di peringkat 6, 7 dan 9. Data lainnya, penjual online di media sosial pada tahun lalu seperti Instagram dan Facebook juga semakin banyak bermunculan.

Baca Juga : Alibaba Tutup Toko Online

5. Penjualan tiket online meningkat
Mulai bergesernya pola perilaku belanja masyarakat, juga berdampak pada penjualan tiket. Selain di sektor transportasi, penjualan tiket untuk acara pertunjukan, musik dan olahraga mulai banyak dijual secara online. Baru-baru ini, penjualan tiket pertandingan Indonesia kontra Islandia mencetak rekor penjualan online. Berdasarkan data PSSI, sebanyak 7.542 tiket terjual pada 10 Januari 2018, sehingga berhasil mencetak rekor penjualan tiket online terbanyak dalam satu hari di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*