TIPS MENGHINDARI HIT & RUN PELANGGAN TOKO ONLINE

Sebagai pemilik Toko Online, kita memang dituntut untuk ‘serba bisa’ dan ‘serba cepat’ dalam menjalankan bisnis. Tanpa memakai penyedia jasa Toko Online seperti Tokopedia, Lazada atau Shopify, biasanya pemilik Toko Online ‘Mandiri’ ini akan lebih ribet urusannya ketimbang yang tinggal ‘nunggu’ orderan. Belum lagi urusan pengemasan barang, kalkusasi total biaya yang akan dibebankan kepada pelanggan, dan transaksi yang memakan waktu lama karena biasanya, kadang kala kita menemukan tidak sedikit pelanggan Toko Online yang hanya sekedar iseng belaka alias Hit and Run!

Aduh kalo pelanggan udah ada sinyal-sinyal mau Hit and Run padahal kita udah nanggepin mereka serius, pasti bakalan bikin baper sendiri ya kan? Belum lagi kalau saat itu orderan lagi banyak-banyaknya. Tinggal rasa pusing aja yang bakal mengintar di sekitar kepala.

Pengen mencegah dengan tidak terlalu memusingkan spesies kayak begitu, tapi bakalan nyesel sendiri nanti kalau kita udah nolak rezeki, ya kan? Nah loh, pada bimbang sendiri kan akhirnya.

Yaudah deh, gak usah lama-lama. yuk langsung simak tips mencegah pelanggan hit and run ala haxtunchamber.org, simak penjelasan berikut ini :

 

  • HINDARI PENAWARAN BARANG YANG TERLALU BANYAK

Waktu pertama kali chat, biasanya calon pelanggan akan bertanya tentang variasi dari produk yang kita jual. dan pada titik ini, sebaiknya anda tidak perlu menawarkan semua variasi, menjelaskan lebih banyak mengenai produk anda lebih lanjut. sebelum pelanggan anda sendiri yang menanyakannya, karena bila begitu percaya atau tidak, pelanggan anda malah akan kebingungan dan akhirnya bilang, “Saya pikir-pikir dulu ya..” mending deh kalo pikir-pikirnya cuma sejam dua jam, lah kalo sampe seminggu dua minggu? Selamat, anda terkena Hit and Run Zone. Aduh sakit sekali,

  • DOMINASI PERCAKAPAN ANDA DENGAN PELANGGAN

Sudah ditahap ini, ada baiknya bila anda mengarahkan percakapan tersebut, bukan pelanggan yang mengarahkan. Maksudnya begini, bila si pelanggan sudah bertanya-tanya tentang produk. Anda sebaiknya lempar pertanyaan balik kepada pelanggan anda.

  • Ada kak, Warna biru, merah, pink, kakak mau yang mana?
  • Iya kak, Mau ukuran yang mana? S/M/L/XL?
  • Oke kak, Mau ditransfer lewat apa ya?
  • Siap Kak, Kapan mau ditransfer?

Atau bila perlu, cantumkan ‘FOR SERIOUS BUYER ONLY’ di status atau informasi Toko Online anda untuk mencegah tindakan tidak bertanggung jawab ini.

Bagaimana? Anda sudah mengetahui caranya kan? Selamat berbisnis Online!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*