Perkembangan Ecommerce Menjadi Salah Satu Ancaman Ekonomi Negara

Perkembangan Ecommerce Menjadi Salah Satu Ancaman Ekonomi Negara

Dengan perkembangan ecommerce yang senakin pesat, hal ini berujung pada salah satu potensi anacaman ekonomi terhadap pertahanan negara. Sebab, berkembangnya e-commerce menumbuhkan investasi di tanah air.

“Di satu sisi kita perlu investasi supaya ekonomi bertumbuh. Di sisi lain ada ancaman. Itu yang harus kita manage. Bahwa dua-duanya adalah ancamannya terkontrol,” kata Bondan seusai konferensi pers di bilangan Menteng, Jakarta Pusat Geliat e-commerce akan memancing masuknya investasi. Masuknya investasi asing pada saat yang bersamaan juga membawa nilai asing ke dalam negeri. Hal itu, menurutnya, jelas menjadi ancaman.

“Minimal top level management-nya orang sana. Itu yang harus kita waspadai. Seluruh pihak harus kerja sama,” kata dia.

Bondan menilai, munculnya potensi ancaman dari sektor ekonomi tersebut bukan berarti Indonesia harus melarang penggunaan produk asing. Hal itu, menurutnya, tak bisa dilakukan.

Ia mencontohkan Amerika Serikat yang sangat nasionalis sehingga mereka melarang produk dari banyak negara, termasuk Cina. Amerika juga meminta masyarakatnya menggunakan produk dalam negeri. Namun hal itu justru membuat negara tersebut kesulitan.

Baca juga : Fitur JEMPOL Dari TIKI untuk Pengusaha e-Commerce

“Sekarang sudah terbukti kan Amerika kewalahan sendiri, nge-bannedseperti itu dia tidak bisa beli juga produk dalam negeri juga mahal,” tuturnya.

Indonesia, kata dia, harus terus memperkuat industri dalam negerinya, terutama melalui regulasi dan kebijakan dari stakeholder terkait, misalnya Kementerian Perindustrian.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*