Pengertian dan Manfaat Toko Online E-Commerce

Definisi dan Pengertian E-Commerce

E-commerce merupakan suatu proses transaksi secara online (Digital) melalui jaringan nikrabel internet dengan maksud kemudahan dan kecepatan transaksi jual beli oleh satu atau lebih pelanggan terhadap pelaku atau penjual toko online. E-Commerce merupakan bentuk dari pengembangan teknologi di dalam sektor perdagangan. Mengikuti perkembangan globalisasi, cara dan sarana jual beli yang digunakan saat ini semakin berkembang, membeli barang tidak perlu lagi datang ke toko penjual melainkan dengan hanya menggunakan perangkat komputer atau smartphone, kita sudah dapat mencari produk yang kita inginkan kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan jaringan Internet.

E-Commerce atau Electronic Commerce merupakan salah satu aspek didalam Electronic Business yang dilakukan menggunakan Transimisi Elektronik. bagi kalangan ahli dan pelaku bisnis secara umum e-commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdangangan barang ataupun jasa dengan menggunakan metode elektronik. Jenis – jenis e-commerce juga beragam seperti :

Perdangan Online melalui Website
Transaksi Online bisnis antar perusahaan ke perusahaan (B2b)
Internet Banking
Online Cable TV, Internet Cable
WAP

Manfaat E-Commerce

 

  • Meningkatkan Jumlah Pelanggan Secara Global

    Ritel fisik didorong oleh brand dan hubungan. Selain itu, ritel online juga didorong oleh lalu lintas dari mesin pencari. Bukan hal baru bagi pelanggan untuk mengikuti link dalam hasil pencarian mesin pencari, dan mendarat di sebuah situs e-commerce yang mereka belum pernah dengar sebelumnya.

  • Modal Lebih Murah

    Salah satu sisi positif paling nyata dari e-commerce adalah biaya yang lebih rendah. Biaya murah ini dikarenakan tidak diperlukannya toko pada umumnya yang akan memangkas biaya Sewa atau pembelian toko/lapak berjualan.

  • Mencari produk lebih cepat

    Hal ini tidak lagi tentang mendorong keranjang belanja ke lorong yang benar, atau produk yang diinginkan. Di sebuah situs e-commerce, pelanggan dapat mengklik navigasi intuitif atau menggunakan kotak pencarian untuk segera mempersempit pencarian produk mereka. Beberapa situs web mengingat preferensi pelanggan dan daftar belanja untuk memfasilitasi pembelian berulang.

  • Hemat Waktu, Tenaga & Biaya

    Kadang-kadang pelanggan melakukan perjalanan jauh untuk mencapai toko fisik yang mereka sukai. E-commerce memungkinkan mereka untuk mengunjungi toko yang sama secara virtual, hanya dengan beberapa kali klik.

  • Memberikan perbandingan berbelanja

    E-commerce memfasilitasi perbandingan berbelanja. Ada beberapa layanan online yang memungkinkan pelanggan untuk menelusuri beberapa pedagang e-commerce dan menemukan harga terbaik.

  • Memberikan banyak informasi

    Ada keterbatasan jumlah informasi yang dapat ditampilkan di toko fisik. Sulit untuk membekali karyawan untuk menanggapi pelanggan yang membutuhkan informasi di seluruh lini produk. Situs web e-commerce dapat membuat informasi tambahan dengan mudah untuk pelanggan. Sebagian besar informasi ini disediakan oleh vendor, dan tidak ada biaya apapun untuk membuat atau menjaganya.

  • Memudahkan komunikasi bisnis

    Menggunakan informasi yang diberikan pelanggan dalam formulir pendaftaran, dan dengan menempatkan cookie di komputer pelanggan, seorang pedagang e-commerce dapat mengakses banyak informasi mengenai pelanggan. Hal ini, pada gilirannya, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang relevan.

  • Buka Setiap Saat

    Situs web e-commerce dapat berjalan di semua waktu selama 24 jam sehari – 7 hari sepekan (24/7). Dari titik pandang pedagang, ini meningkatkan jumlah pesanan yang mereka terima. Dari titik pandang pelanggan, toko yang “selalu terbuka” jelas lebih nyaman.

 

 

Save

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*