Pengertian Business to Business pada E-Commerce

1.  Business to Business (B2B) Business to Business eCommerce

  • Trading  partners  yang  sudah  diketahui  dan  umumnya  memiliki  hubungan  (relationship)  yang cukup  lama.  Informasi  hanya  dipertukarkan  dengan  partner  tersebut.  Dikarenakan  sudah mengenal  lawan  komunikasi,  maka  jenis  informasi  yang  dikirimkan  dapat  disusun  sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
  • Pertukaran  data  (data  exchange)  berlangsung  berulang-ulang  dan  secara  berkala,  misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan  sudah  tertentu.  Hal  ini  memudahkan  pertukaran  data  untuk  dua  entiti yang menggunakan standar yang sama.
  • Salah  satu  pelaku  dapat  melakukan  inisiatif  untuk  mengirimkan  data,  tidak harus  menunggu parternya.
  •  Model  yang  umum  digunakan  adalah  peer-to-peer,  dimana  processing  intelligence  dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

 2.  Business to Consumer (B2C)

Business to Consumer eCommerce memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
  • Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapatdigunakan oleh khalayak  ramai.  Sebagai  contoh,  karena  sistem  Web  sudah umum  digunakan  maka  servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
  • Servis  diberikan  berdasarkan  permohonan  (on  demand).  Konsumer  melakukan  inisiatif  dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
  •  Pendekatan  client/server  sering  digunakan  dimana  diambil  asumsi  client (consumer) menggunakan  sistem  yang  minimal  (berbasis  Web)  dan  processing (business  procedure) diletakkan di sisi server.

3.  Consumen to consumen(C2C)

Dalam C2C seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain. Dapat juga disebut sebagai pelanggan ke palanggan  yaitu orang  yang menjual produk dan jasa ke satu sama lain. Lelang C2C. Dalam lusinan negara, penjualan dan pembelian C2C dalam situs lelang sangat banyak.

Kebanyakan lelang dilakukan oleh perantara, seperti eBay.com, auctionanything.com; para pelanggan juga dapat menggunakan situs khusus seperti buyit.com atau bid2bid.com.

4.  Comsumen to Business (C2B).

Dalam  C2B  konsumen  memeritahukan  kebutuhan  atas  suatu  produk  atau  jasa  tertentu,  dan  para  pemasok  bersaing  untuk  menyediakan  produk  atau  jasa  tersebut  ke  konsumen.  Contohnya  di priceline.com,  dimana  pelanggan  menyebutkan  produk  dan  harga  yang diinginkan,  dan  priceline  mencoba menemukan pemasok yang memenuhi kebutuhan tersebut.

5.  Perdagangan Intrabisnis (Intraorganisasional)

Dalam situasi ini perusahaan menggunakan ecommerce secara internal untuk memperbaiki operasinya. Kondisi  khusus  dalam  hal  ini  disebut  sebagai  e-commerce  B2E(business  to  its  employees)  yang digambarkan dalam studi kasus terbuka.

6. G2C (Goverment to Citizen)

Dalam  kondisi  ini  sebuah  entitas  (unit)  pemerintah  menyediakan  layanan  ke  para  warganya  melalui teknologi E-commerce.

Unit-unit pemerintah dapat melakukan bisnis dengan berbagai unit pemerintah lainnya  serta  dengan  berbagai  perusahaan  (G2B).  E-goverment  yaitu  penggunaan  teknologi  internet secara  umum  dan  e-commerce  secara  khusus  untuk  mengirimkan  informasi  dan  layanan  publik  ke warga,  mitra  bisnis,  dan  pemasok  entitas  pemerintah,  serta  mereka  yang  bekerja  di  sektor  publik.

E-Commerce menawarkan  sejumlah  manfaat  potensial  :

E-Ecommerce meningkatkan  efisiensi  dan efektivitas  fungsi  pemerintah,  termasuk  pemberian  layanan  publik.  E-Commerce memungkinkan pemerintah  menjadi  lebih  transparan  pada  masyarakat  dan  perusahaan  dengan  memberikan  lebih banyak  akses  informasi  pemerintah.  E-Commerce juga  memberikan  peluan  bagi  masyarakat  untuk memberikan umpan balik ke berbagai lembaga pemerintah serta berpartisipasi dalam berbagai lembaga dan proses demokrasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*