Optimalkan Bisnis Online Anda Dengan Instagram

haxtunchamber - Optimalkan Bisnis Online Anda Dengan Instagram
haxtunchamber

haxtunchamber Optimalkan Bisnis Online Anda Dengan Instagram

Mau seperti apapun cara kita berbisnis, bila kita membahas mengenai teknologi di era serba digital ini, hal yang akan terbesit di benak kita yakni bisnis online. Hal tersebut bukan lagi menjadi hal yang asing dan susah lagi terlebih dalam pengoptimalan smartphone, dengan mengakses berbagai situs yang kita inginkan. Mengupload dan menyalurkan informasi apapun melalui sosial media juga bukan lagi hal yang tabu dan sukar dilakukan. Maka dari itu kini sebagian besar para pebisnis online mulai merambah bisnis online melalui sosial media, seperti salah satunya yaitu Instagram.

Bila memang dulu Instagram hanya digunakan sebagai media pengunggah foto, lalu video hingga kini menjadi media untuk berbisnis sekaligus promosi. Dengan kurang lebih 400 juta pengguna dan lebih dari 80 juta feeds setiap harinya, Instagram memberi peluang luas bagi para pebisnis yang hendak mengembangkan bisnisnya melalui sosial media.

Namun, bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan Instagram yang digunakan sebagai sarana promosi dan transaksi jual beli secara Online?Dan inilah cara mengoptimalkan penggunaan Instragram sebagai sarana promosi bisnis online, simak penjelasannya berikut ini :

 

 

Gunakan Username Instagram Sesuai Bisnis Online Anda

Bila Anda memang hendak serius memakai fitur Instagram guna mempromosikan produk, untuk itu awali dengan membuat akun yang dinamai nama bisnis online Anda. Nama bisnis ini pada dasarnya serupa ketika Anda membeli domain dari sebuah jasa website. Dengan nama bisnis yang telah dipatenkan melalui nama domain atau username Instagram, lantas bisnis Anda pun akan lebih mudah dikenali dan dipercaya oleh pelanggan. Jangan lupa untuk mencari nama bisnis yang mudah diingat dan serta dapat meningkatkan SEO.

 

Hindari Pengaktifan Private Account

Tak hanya nama bisnis pada username akun Instagram Anda, Jangan persulit pelanggan untuk mengintip bisnis online anda ketika anda menyalakan fitur private account, hindari penggunaan hal tersebut. Sebab, mungkin pelanggan anda yang tadinya sudah berminat untuk datang dan mungkin berbelanja di toko anda bisa gagal karena anda mengunci toko anda melalui private account sehingga mereka harus melakukan request terlebih dahulu.

Desain Foto Profil dan Informasi Bisnis Online

Selanjutnya, cobalah untuk mengedit foto profil bisnis online anda semenarik mungkin, hindari pemakaian warna yang terlalu mencolok dan menimbulkan kesan ‘alay’. Jangan lupa cantumkan penjelasan singkat terkait bisnis online anda, Lalu kontak yang bisa dihubungi juga merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan.

Jangan Lupa Sematkan Link Akun Sosial Media Bisnis Online Anda yang Lain

Bila anda mempunyai akun sosial media bisnis online lainnya, anda bisa mencantumkan link akun sosial media tersebut pada profil Instagram anda. Seperti mungkin Official Account LINE atau bahkan website toko online anda. Agar Pelanggan semakin yakin bahwa bisnis online anda memang menjanjikan dan terlihat seperti profesional.

 

Usahakan Hanya Meng-upload Foto yang Berkualitas dan Menarik

Pengambilan tata letak atau angle foto, teknik pencahayaan dan sudut-sudut tertentu pada produk bisnis online yang anda sedang foto merupakan hal yang juga penting mengingat hal yang pertama kali dilihat pelanggan merupakan foto produk anda. Bila terlihat menarik, kemungkinan mereka akan langsung membelinya tanpa berpikir dua kali. Anda juga bias mengedit foto tersebut dengan sedemikian rupa agar terlihat menarik, namun ingat satu hal jangan terlalu berlebihan dan malah membuat produk anda terlihat palsu dan tidak bagus.

Cantumkan Caption Semenarik Mungkin dan Tags yang Relevan

Hal terakhir yang perlu dilakukan, jangan lupa untuk mencantumkan caption yang menarik serta tags mengenai produk bisnis online Anda. Anda  Dengan menambahkan caption yang menarik dan hashtag yang relevan, maka followers Anda mungkin tidak akan melewatkan foto anda begitu saja. Dan begitulah cara ampuh mengoptimalkan Instagram sebagai sarana pemasaran dan promosi produk bisnis online anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*