Maraknya Bisnis Online, Maskapai Penerbangan Mulai Mengalami Dwelling Time

haxtunchamber

haxtunchamber

 

Akibat semakin merangkaknya angka penjualan melalui bisnis online, serupa dengan kejadian yang pernah dialami oleh Pelabuhan Laut, Kini maskapai penerbangan mulai mengalami waktu tunggu atau biasa disebut dwelling time, seolah menyusul kejadian di Pelabuhan Laut.

“Kalo di laut dwelling time kan menjadi isu nasional. Bahkan Presiden sampai turun tangan. Bisa saja, pada Bandara nanti juga nanti akan ada dwelling time. Terlebih kini kan e-commerce sudah semakin marak. Dan kebanyakan konsumen kan tidak mau tahu prosesnya. Bagi mereka yang terpenting barang bisa cepat sampai,” Tutur Direktur Utama Angkasa Pura (AP) 1 Danang S. Baskoro, dalam workshop Harmonisasi dan Penyamaan Persepsi Pengelolaan Terminal Kargo dan Pos di Bandar Udara, yang berlokasi di Hotel Mercure Kemayoran, Jakarta, petang kemarin.

Baca Juga : Tips Mencari Sponsor untuk Website Toko Online

“Dan karena itu kalau kita lambat dan tidak tahu prosesnya, terlebih tidak tahu tanggungjawabnya, bisa terjadi hal yang tidak kompetitif,” lanjutnya.

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan bahwa bagian penting dalam proses logistik ada di pihak Bandara. Dan terdapat di dalamnya AP selaku Badan Usaha Bandar Udara (BUBU). “Kita yang bertugas sebagai pengelola airport juga mempunyai kepentingan. Beruntung ada regulasi Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 mengenai penerbangan. Bisa mengelola semua peranan operator, AP bagaimana, kemudian cara mengelola yang tak hanya penumpang. Namun juga dari terminal pos dan kargo,” Tambahnya.

Lalu ia juga mengatakan bahwa sebagai operator bandara yang dikomersilkan, mereka juga ikut andil bagaimana menjaga urusan safety dan keamanan. Tak hanya terminal penumpang, Namun juga kargo. “Prosedur bandara sekarang tak lagi seperti dulu. Kalau dulu kita konsentrasi ke penumpang,”

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*