Konsumen Indonesia Paling Betah berlama-lama Mengunjungi Situs Shopee

Konsumen Indonesia Paling Betah berlama-lama Mengunjungi Situs Shopee

Dengan banyaknya konsumen belanja online di Indonesia berdapampak pada ecommerce yang terus mempunyai traffic banyak pengunjung dapat dilihat dari laporan IPrice menyebut, konsumen Indonesia paling betah berlama-lama mengunjungi situs Shopee, dengan catatan waktu 9 menit 34 detik. Situs lain yang paling lama dikunjungi konsumen adalah MAPemall, rata-rata selama 8 menit 2 detik. Baru kemudian disusul oleh Berrybenka dan Tokopedia, yang rata-rata dikunjungi selama 6 menit 39 detik dan 5 menit 54 detik. Juga  Zalora dengan rata-rata kunjungan 5 menit 49 detik.

Laporan digital in 2017 Growth Overview menunjukan, rata-rata waktu kunjungan masyarakat Indonesia ke laman e-commerce adalah 4 menit 9 detik. Shopee dan MAPemall dinilai juara menyajikan konten yang membuat konsumen betah berlama-lama.

Adapun, laporan ini mengkaji rata-rata time on site konsumen di 30 situs belanja online. “Hampir semua toko online di Indonesia memiliki time on site yang baik. Rata-rata time on site yang tinggi juga menunjukan ketatnya persaingan e-commerce di Indonesia,” demikian dikutip dari laporan periset IPrice, Indah Mustikasari.

Laporan atas rata-rata waktu kunjungan pengguna biasanya digunakan untuk mengukur seberapa bagus konten yang terdapat di dalam sebuah situs. Menurut situs mesin pencari Bing, rata-rata waktu kunjungan website dianggap baik kalau pengguna menghabiskan waktu semenit atau dua menit.

Menurut pengamatan IPrice, konten yang lengkap dan menarik menjadi faktor penting agar konsumen betah berlama-lama berkunjung di sebuah situs. Hal itu bisa dilihat dari lima besar situs belanja online yang paling lama dikunjungi.

Baca Juga :   e-commerce industri elektronik di Indonesia

Pada Shopee misalnya, IPrice melihat marketplace ini menyediakan jumlah dan ragam produk yang banyak dengan harga yang bersaing. “Selain itu, promosi ongkos kirim gratis juga disinyalir menarik pengguna untuk datang dan melihat-lihat barang diinginkan ke situs Shopee,” kata Indah.

Hanya, lamanya waktu kunjungan konsumen ternyata belum tentu berbanding lurus dengan jumlah transaksi pada sebuah situs belanja. Pada 2014, riset Nielsen menunjukan bahwa 80% konsumen di Indonesia yang mengunjungi situs belanja online hanya untuk mengkaji produk sebelum akhirnya membeli secara offline.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*