Ketahui Tipe Customer Toko Online dan Cara Menghadapinya

Sebagai seorang pemilik Toko Online yang baik, Selain menguasai mekanisme dan struktur e-commerce secara meluas, Anda juga dituntut untuk ‘serba bisa’ dan ‘serba cepat’ dalam menghadapi pelanggan di lapak anda. Terkadang, ada saja kita menemukan pelanggan yang tak sabaran, atau pelanggan yang kerjaannya hanya menuduh yang tidak-tidak, atau ada saja pelanggan yang ‘lemot’ dan terus bertanya.

Jelas, hal tersebut secara tidak langsung menghambat proses kerja kita. Padahal kan, pembelinya tidak hanya dia saja. Meskipun begitu, anda tidak boleh serta merta berlaku kasar atau tidak sopan kepada mereka yang mungkin belum paham betul bagaimana repotnya menjalannya suatu bisnis berbasis online seperti yang sekarang sedang ngetren di seluruh belahan dunia.

Berbicara tentang memahami pelanggan toko online, sebagai pemilik bisnis online kita juga harus menanamkan sikap ramah kepada pelanggan, dengan mengetahui sifat-sifat pelanggan seperti yang akan kita bahas selanjutnya, dari sana kita akan menemukan trik dan tips cara menanggapi pelanggan toko online.

Ini dia tipe-tipe pelanggan toko online yang akan atau sering anda lihat di lapak anda,

  • Si Pemburu Diskon
  • Si Teliti
  • Si Pemburu Produk Baru
  • Si Tidak Sabaran
  • Si Tukang PHP

 

Berikut adalah pembahasan lebih lanjut :

 

  • Si Pemburu Potongan Harga

Biasanya mereka akan mampir ke toko online mu, bertanya tentang harga yang dicantumkan. Mereka mungkin saja tipe pelanggan yang teliti terhadap produk yang anda jual, memastikan dengan betul bahwa mutu dan kualitas harus sepadan dengan harga atau ada lagi tipe pelanggan seperti ini yang mungkin lebih ‘kurang ajar’ dengan menawar harga dengan anda, padahal harga tersebut sudah ditetapkan sesuai dengan harga pasaran, keuntungan serta pajaknya. Untuk menghindari pelanggan seperti ini, Ada baiknya bila anda menjelaskan dengan jujur mengenai kualitas produk anda, bila ia merasa bahwa produk anda benar-benar ‘worth it’ mereka akan sepakat tanpa menagih pengurangan harga lagi.

 

 

 

  • Si Teliti

Untuk tipe pelanggan yang seperti ini, pahamilah bahwa mereka benar-benar ingin mendapatkan produk yang berkualitas tinggi dan tidak ingin dikecewakan di toko online anda. Ini wajib anda garis kan bahwa jual lah produk yang benar-benar berkualitas dan bagus di jenisnya. Mereka akan mampir ke toko online anda, menanyakan tentang kualitas barang tersebut, tapi anda tidak perlu khawatir, karena bila mereka tidak akan menuntut potongan harga dan segera melakukan transaksi pembayaran bila mereka sudah merasa produk anda pantas untuk dibeli.

 

 

  • Si Pemburu Produk Baru

Selain mengutamakan produk yang berkualitas dan ‘worth it’ sesuai ekspetasi mereka. Anda juga dituntut untuk selalu mengupdate produk di etalase toko online anda. Bila sewaktu-waktu pelanggan seperti ini muncul, mereka tidak akan kecewa mendapati produk terbaru yang mereka cari di toko online anda. Cara agar selalu update produk ialah dengan menelusuri tren yang saat ini digandrungi masyarakat, seperti misalnya toko online anda itu menjual produk jaket, anda bisa menambahkan beberapa fashion jaket terbaru di setiap kesempatan.

 

 

  • Si Tidak Sabaran

Untuk tipe pelanggan seperti ini, ada baiknya bila anda harus ekstra sabar menghadapinya. Tipe pelanggan seperti ini akan terus menanyai anda mengenai kapan barangnya tiba, atau kenapa anda tidak membalas chatnya dengan cepat atau biasa dikenal ‘fast respon’, selain itu mereka juga akan mudah marah bila anda tidak menguasai seluk beluk toko online anda, di sini anda benar-benar dituntut untuk serba bisa di hadapan mereka. Tak perlu menanggapinya dengan marah, malah itu akan membuat reputasi toko online anda akan menurun, cukup fast respon dan sabar untuk menghadapi mereka adalah kunci utamanya.

 

 

  • Si Tukang PHP

Untuk yang satu ini, anda harus melakukan strategi agar mereka tidak kabur begitu saja, atau bila anda tidak ingin direpotkan dengan tipe pelanggan yang satu ini, anda bisa mencantumkan ‘FOR SERIOUS BUYER ONLY’ atau ‘NO CANCEL’ atau juga bisa ‘NO HIT AND RUN’. Apasih itu tipe pelanggan yang suka php? Itu lho, mereka yang kerjaannya hanya bertanya-tanya kepada pemilik toko online, dari A – Z namun saat sudah di fase transaksi pembayaran, mereka tiba-tiba menghilang atau menyatakan ‘Maaf ya mbak, aku pikir-pikir dulu.’

Nah, sudah tau kan tipe-tipe pelanggan toko online beserta cara menghadapinya? Untuk itu, bijak-bijaklah dalam menghadapi mereka, karena tanpa mereka kita tidak akan bisa menghasilkan pundi-pundi kehidupan. Selamat bertugas, pemilik toko online Indonesia!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*