Kendala Dalam Berbisnis Online Beserta Solusi Terbaiknya

haxtunchamber - Kendala Dalam Berbisnis Online Beserta Solusi Terbaiknya

Maraknya berbisnis basis online atau yang akrab disebut Online Shop pada era serba teknologi ini juga dapat memicu segelintir sisi negatif serta positif. Sebagai contoh dari sisi positif yang dirasakan yakni, bisnis online memberi lahan bagi siapapun serta dimanapun untuk merambah di bisnis tersebut. Maka dari itu, bisnis online kini semakin berkembang, terutama seperti sekarang saat segalanya dapat dengan mudahnya diakses secara cepat juga.

Tapi, di sisi lain, kesuksesan berbisnis online, tetap terdapat segelintir kendala, atau masalah yang biasanya dialami pebisnis online shop, maka tak heran bila sebagian pebisnis online juga bisa gulur tikar, bahkan mendapat hasil yang tidak memuaskan. Maka dari itu, para calon atau para pebisnis sekalipun yang telah merambah usaha online-nya ada baiknya memahami beberapa kendala yang acap kali dialami para pebisnis online. Simak penjelasannya berikut ini,

 

  • Kerasnya Persaingan

Sisi negatif dari membangun bisnis online, yakni banyaknya orang yang ikut mencicipi bisnis ini, yang semakin lama dapat menjadi suatu kendala tersendiri. Makin menjamurnya online shop yang ada, sudah pasti akan makin mempersempit lahan kita untuk memasarkan produk sesuai target. Kerasnya persaingan juga akan menjadi kendala besar bagi para pebisnis online, terutama para pebisnis yang masih menganggap enteng bisnisnya.

Solusi yang dapat diterapkan, yakni dengan bersaing berdasarkan harga jual, Bila produk yang dipasarkan ternyata mempunyai kesamaan aspek dengan beberapa bisnis online lain Seperti misalnya, bila produk yang dijajakan merupakan produk berupa baju, tas, atau sepatu. Maka dapat dilakukan dengan pemasangan harga yang sedikit lebih miring dari pasaran, atau harga agak melonjak dengan kualitas produk yang lebih berkualitas.

Solusi lainnya bisa dengan mencari produk yang unik dan berbeda dari umumnya. Cobalah untuk memilih atau membuat barang yang unik, tapi tetap nge trend dan memikat perhatian. Terakhir, cobalah menyusun strategi pemasaran secara tepat sasaran guna menarik minat pelanggan.

Terdapat segelintir cara strategi yang menarik dapat diterapkan, seperti melakukan pemotongan harga atau diskon, atau giveaway bagi yang memesan lebih dari 2 buah, serta melakukan penjualan besar- besaran dengan mengunggah barang di berbagai media sosial yang dimiliki dan rajin mengupdate produk yang dijual. Beberapa cara tersebut terbukti ampun dilakukan guna memenangkan persaingan dengan bisnis online lain.

 

  • Susahnya Mencari Supplier Produk

Masalah pemasok merupakan masalah yang sering terjadi pada awal memulai bisnis online, atau dapat saja terjadi saat berjalannya bisnis ini. Masalah umum yang sering dialami adalah ketika reseller atau pebisnis online shop susahnya mencari partner pemasok produk yang tepat sehingga kegiatan transaksi jual beli dapat terhambat sebab produk out of stock.

Atau bisa saja yang terjadi pada saat reseller dan supplier mengalami masalah hingga pada akhirnya membuat supplier tidak dapat diajak kerja sama guna menyalurkan barang. Sebagai pebisnis, tentunya hal tersebut merupakan momok menyeramkan. Maka dari itu cobalah cari partner yang tepat dalam menjalankan bisnis ini.

 

  • Maraknya Penipuan

Bisnis online tidak cuma menjadi incaran bagi para pebisnis, Namun bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal ini dapat dimanfaatkan oleh mereka dengan memanfaatkan trend ini guna menipu seseorang. Sederet kasus penipuan online shop telah beredar dimana-mana.

Umumnya para pengguna akun media sosial yang pernah menjadi korban akan menyebarkan pengalaman mereka yang telah ditipu oleh online shop palsu, dengan harapan tidak akan ada yang menjadi korban selanjutnya. Beberapa kasus yang terjadi yakni saat konsumen telah melakukan transaksi pembayaran namun produk yang dipesan tak kunjung datang. Bahkan ada yang mengirim barang, namun ternyata isinya sampah.

Dalam mengatasi masalah ini, yang perlu dilakukan yakni, mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi. Tak hanya nomor telepon, Anda juga dapat mencantumkan alamat bila ada, atau akun media sosial lainnya. Guna meningkatkan rasa kepercayaan pula anda bisa mencantumkan beberapa testimoni para pelanggan yang telah sukses bertransaksi online dengan anda.

 

Dan Itulah beberapa masalah yang sering dialami para pebisnis online. Untuk itu, disarankan agar tidak mudah menyerah dalam berbisnis online. Bersabar dan terus berusaha serta jangan lupa mengoreksi diri sendiri agar bisa mengambil pelajaran yang ada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*