Diperebutkan, Manakah yang akan dipilih Tokopedia? JD.com atau Alibaba?

Melebarkan sayapnya di dunia e-commerce. Perusahaan e-commerce besar asal Cina JD.com dikabarkan telah melakukan akusisi terhadap saham dari Tokopedia secara menyeluruh beberapa waktu belakang ini. Rumor tersebut lantas telah tersebar sejak awal mei 2017 lalu. Namun, sampai saat ini kedua pihak belum mengklarifikasi terkait rumor tersebut.

Dihubungi beberapa waktu lalu, CEO Tokopedia William Tanuwijaya masih urung memberikan komentar apapun mengenai rumor akusisi perusahaan miliknya tersebut. Bahkan, ketika bertanya pada pihak JD.com pun masih mendapatkan jawaban yang nihil.

Kabarnya, tak hanya JD.com yang berniat untuk mengakusisi Tokopedia. Perusahaan e-commerce berskala besar, Alibaba pun sempat melirik Tokopedia , dan angka penawaran yang dilancarkan Alibaba pun tidak tanggung-tanggung yakni hingga mencapai 6,6 Trilyun. Namun, kabar tersebut tak lama memanas setelah Tokopedia lebih memilih untuk engga berbicara.

Sebagai informasi, Alibaba ini bisa dikatakan sebagai pusat e-commerce terbesar di Cina. dan maka dari itu ia pun mulai melebarkan sayapnya hingga ke Indonesia dengan mengakusisi jasa penyedia toko online terbesar di Indonesia, Lazada.

Masih terkait rumor Tokopedia, hal yang menjadi alasan paling masuk akal mengapa JD.com mau mengakusisi Tokopedia adalah karena Tokopedia kini menjadi salah satu e-commerce paling berpotensi dan berpengaruh di Asia Tenggara.

Seperti dilansir Daily Social pada Senin (7/8/2017), bisa jadi alasan JD.com memilih Tokopedia sebagai ‘gandengan’ karena sebagai salah satu strategi untuk bersaing dengan Alibaba yang sudah menggandeng Lazada lebih dulu.

Pendanaan Tokopedia terakhir kali didapat pada 2014 lalu. Diketahui, investasi dikucurkan langsung dari Softbank Japan dan Sequoia Capital dengan nilai US$ 100 juta atau Rp 1,3 triliun.

Adapun JD.com menggempur strategi invasinya dengan mengoperasikan afiliasi perusahaannya di Indonesia dengan nama JD.ID sejak 2015 lalu.

 

Perihal suntikan Dana yang diberikan Alababa terhadap Tokopedia

Raksasa e-commerce China, Alibaba Group, dikabarkan sedang dalam proses negosiasi untuk mengucurkan dana dalam jumlah besar untuk Tokopedia.

Masih terkait dengan pengakusisian saham di Tokopedia. Alibaba yang dikabarkan pernah melakukan negosiasi dengan Tokopedia. Tak tanggung-tanggung, Alibaba juga dikabarkan bakal memberikan dana sebesar $ 500 juta dollar atau sekitar 6,66 trilyun rupiah untuk Tokopedia.

Investor Tokopedia, disebutkan bakal turun tangan dalam negosiasi investasi yang hendak dilancarkan Alibaba tersebut. Namun, sama seperti JD.com dan Tokopedia, Alibaba juga masih urung memberikan komentar apapun mengenai akusisi saham Tokopedia.

 

“Kami tidak mengomentari rumor yang berkembang di pasar,” Jawab salah satu jubir Alibaba.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*