Cara Sukses Mengelola Toko Online Sendiri

Kesuksesan dalam mengelola Toko Online bergantung dari apa yang dilakukan pemiliki toko tersebut, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses nya sebuah toko online, dari berbagai pengalaman dan juga pengamatan, kami merangkum cara terbarik untuk mengelola toko online hingga mencapai kesuksesan atau secara teknis dengan banyaknya pengunjung yang berbelanja di Toko Online tersebut, berikut kami berikan 8 Faktor yang mempengaruhi suksesnya sebuah toko online

  1. Nama Domain : Nama Domain website toko online kita, misalnya tokoonline.com, bisnisonline.com. Nama Domain atau nama Toko Online ini sebaiknya terdiri dari atas 1 atau 2 kata saja agar mudah di ingat pelanggan, Hindari penggunaan tanda – (dust). Misal, jika nama domain terdiri dari 2 kata, sebaiknya disambung seperti yg telah dicontohkan. Selain itu sebaiknya menggunakan domain .com atau .co.id karena akan lebih mudah diingat dan populer.
  2. Kepercayaan: Produk yang dijual harus ditampilkan sebagus mungkin agar pembeli tertarik dan juga sesuai dengan produk yang anda jual, dalam hal ini foto produk yang dipasang sangat menetukan dan jangan pernah mengambil gambar dari internet. Jika barang yang diterima pembeli cacat atau rusak. maka gantilah dengan yang baru, karena kepercayaan sebuah toko online adalah hal penting demi kelangsungan pembelian produk dan opini pelanggan terhadap toko online anda.
  3. Sering Online: Jangan membiarkan website toko online anda off terus menerus, banyak sekali pemilik toko online yang tidak merawat websitenya dan akhirnya website toko online tersebut menjadi terbengkalai. Jelas SEO dari website tersebut akan turun setiap harinya jika sang pemilik malas untuk online dan mempromosikan website nya sendiri.
  4. Pembayaran: Gunakan metode pembayaran yang To The Point, atau tidak bertele – tele, misalnya gunakan sistem pembayaran transfer rekening bank bank ternama, jika COD anda dapat memberikan booking produk untuk memastikan bahwa pembeli serius untuk melakukan cod dengan anda.
  5. Packing Produk : Sebelum melakukan pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman barang, anda perlu mengemas atau packing produk yang ingin anda kirim kepada pembeli, kemaslah produk anda secara aman dan rapih, hal tersebut akan menimbulkan kesan rapih dan professional kepada pembeli anda.
  6. Design Toko Online : Buatlah desain atau tampilan toko online anda semenarik mungkin, banyak sekali pemilik toko online yang asal saja dalam membuat tampilan toko online mereka, seperti banyak kita jumpai di google, masih sangat banyak website toko online yang tidak memiliki desain professional sehingga tidak jauh berbeda tampilan desain toko online dengan website abal-abal yang menjual belikan barang barang palsu dan juga website penipuan bisnis online.
  7. MarketPlace: Gunakan lah Marketplace besar untuk lebih memperkenalkan produk anda secara luas, di Marketplace banyak sekali persaingan yang cukup ketat, namun jika anda menggunakan Marketplace, Produk anda dapat dengan mudah di cari oleh pelanggan, atau bahkan pada saat ini sudah ada Perusahaan penyedia Jasa pembuatan Website Platform e-commerce yang sudah terdapat fitu Marketplace didalamnya sekaligus.
  8. Promosi : Kenalkan website dan produk toko online anda keseluruh pengguna internet, khususnya media sosial. Menggunakan media sosial untuk promosi juga perlu diperhatikan, pasalnya banyak sekali pemilik website toko online yang terlalu melakukan promosi gila-gila an dan akhirnya terdeteksi Spamming oleh socmed tersebut. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak terlalu kaku dalam melakukan promo. Hal tersebut berguna untuk menambah kedekatan kepada konsumen.

Dalam meraih kesuksesan toko online memang perlu usaha, kerja keras dan kesabaran dalam melakukannya, tetapi hal tersebut pasti akan berbuah manis di kemudian hari. yang terpenting adalah fokus dan jangan malas untuk mengelola website toko online anda sendiri. Semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*