Tutorial Cara Membuat Website Toko Online Menggunakan WordPress

Membuat Toko Online berbentuk Website adalah dapat dikategorikan susah susah gampang, pasalnya diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam proses pembuatan website toko online. terlebih jika kita tidak memiliki basic atau dasar ilmu web programming dan web design, memiliki eCommerce terasa mustahil. Tetapi hal tersebut kini sudah ada solusi nya, terdapat plugins dari WordPress yang memungkinkan kita untuk memiliki website atau halaman toko online sendiri dengan memanfaatkan fitur woocommerce.

Fitur yang dibuat oleh wordpress untuk membuat website toko online tidak memerlukan biaya ataupun uang, fitur yang ditawarkan gratis, tetapi tentu tidak se sempurna yang kita bayangkan, berebeda jika kita membuat website toko online menggunakan coding dan design custom sendiri, namun untuk fitur yang ditawarkan memang seharusnya wajib dicoba untuk anda yang ingin memulai membuat sendiri website toko online gratis dan cepat. Hal apa saja yang diperlukan dalam membuat website toko online di wordpress? berikut lebih lengkapnya.

Mempersiapkan Nama Domain dan Hosting

Untuk membangun sebuah website toko online tentunya kita harus memiliki sebuah nama domain unik yang akan menjadi brand bisnis. Nama domain ini sangat penting karena akan menjadi identitas bisnis kita di internet, jadi jangan sembarangan memilih nama domain untuk toko online Anda. Beberapa waktu yang lalu Maxmanroe.com pernah membuat tips memilih domain, baca artikel ini Tips Memilih Nama Domain untuk Situs Anda. Untuk tempat membeli domain, kita bisa memilih beberapa registrar ternama seperti Namecheap.com, Domain.com, Name.com, atau registrar lokal seperti Masterweb.com.

Kita juga perlu mempersiapkan hosting untuk menyimpan data base toko online yang akan kita bangun. Sebaiknya gunakan jasa penyedia hosting yang punya reputasi baik agar toko online Anda dapat beroperasi dengan maksimal. Saat artikel ini dibuat, hostinger yang digunakan oleh Maxmanroe.com adalah di Hawkhost.com. Anda juga bisa menggunakan jasa hosting dari provider lokal seperti Masterweb, Klikhost, atau Jogjahost.

Install WordPress Theme dan Plugin WooCommerce di WordPress

Inilah salah satu keuntungan menggunakan platform WordPress, ada banyak sekali Themes atau template yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online. Selain harga theme nya cenderung murah, tampilannya juga terlihat menarik dan profesional. Sebenarnya kita bisa menggunakan theme gratisan dari WordPress, tapi saya merekomendasikan Anda untuk menginvestasikan uang untuk membeli theme premium, toh ini juga untuk bisnis Anda. Setelah Anda menginstall WordPress di hosting Anda, langkah selanjutnya adalah menginstal Theme untuk toko online Anda.

Salah satu theme WordPress untuk toko online yang sangat saya rekomendasikan adalah WP Grosir buatan developer Theme-id. Theme unik ini dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu seharga $25 atau sekitar Rp 250.000,-. Selain theme WP Grosir, Theme-id juga menawarkan berbagai template toko online yang lain, dan saya semua theme mereka sangat unik.

Anda juga akan mendapatkan Tutorial cara menggunakan theme tersebut agar lebih maksimal untuk toko online yang akan dibangun. Tutorial ini sangat mudah untuk dipelajari, dilengkap dengan cara setting awal, cara posting produk, memasukkan nomor kontak, media sosial, dan lainnya.

3. Menginstal Plugins Pendukung Untuk Toko Online

Untuk mendukung performa toko online yang akan kita bangun, tentunya kita perlu menginstal beberapa plugins. Plugins ini dapat membantu performa toko online Anda, tapi pastikan Anda menginstal plugins yang dibutuhkan saja karena terlalu banyak plugins juga bisa memperlambat loading sebuah website. Beberapa plugins yang saya rekomendasikan adalah:

  • Akismet: mencegah SPAM
  • BulletProof Security: untuk membantu keamanan website
  • Contact Form 7: form kontak untuk website
  • Google XML Sitemaps: sitemaps untuk website
  • SEO Friendly Images: membantu meningkatkan SEO images website
  • WordPress SEO: mengoptimalkan SEO setiap postingan sebuah website
  • WP Smush.it: membantu mempercepat load gambar

Artikel lain: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger

4. Membuat Pengaturan Toko Online dengan Theme WP Grosir

Masing-masing theme WordPress pasti memiliki pengaturan yang agak berbeda. Walaupun pihak developer Theme-id memberikan ebook panduan cara menggunakan Theme WP Grosir, Maxmanroe.com akan membahas sedikit apa saja yang perlu kita lakukan pada settingnya. Cara setting theme ini dibagi menjadi 5 bagian penting, yaitu:

a. Cara Upload Theme: di bagian ini kita bisa membaca tutorial singkat cara upload theme ke WordPress kita dengan aman.

b. Setting: di sini kita bisa membaca tutorial berbagai settingan untuk theme WP Grosir, diantaranya:

  • Cara mengatur theme
  • Cara mengatur widget di side bar
  • Cara membuat custom menu
  • Cara membuat slider
  • Cara mengatur permalinks yang baik
  • Dan lain-lain

c. Cara Posting: di sini kita bisa membaca tutorial yang berkaitan dengan postingan di toko online, diantaranya:

  • Rating produk
  • Menentukan Size produk (bila perlu)
  • Cara posting produk dan posting blog di toko online
  • Dan lain-lain

d. Membuat Halaman Khusus

  • Cara membuat halaman testimoni
  • Cara membuat halaman cek keranjang belanja
  • Dan lain-lain

e. Cara Edit Ongkos Kirim JNE: di sini kita bisa membaca cara membuat halaman cek ongkos kirim JNE dan juga mengeditnya bila diperlukan.

Secara keseluruhan, cara membuat toko online dengan menggunakan platform WordPress adalah yang termudah menurut saya. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk semua pengaturannya, cukup membaca tutorial singkat yang disediakan oleh developer theme nya. Di bawah ini adalah screen shoot salah satu toko online yang dibuat dengan menggunakan theme WP Grosir, klik buka spoiler.

Save

Save

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*