Cara Agar Website Toko Online Semakin Optimal

Cara Agar Website Toko Online Semakin Optimal

Mungkin hampir semua pemilik toko online terlalu sibuk mendesain tampilan website mereka. Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan animasi flash yang pada dasarnya kurang efektif sebab akan memperlambat web browser si pelanggan, atau menggunakan desain dengan warna yang kurang disukai oleh pengunjung.

Banyak terdapat kasus dimana para web designer melupakan usability, walaupun elemen yang kreatif akan terlihat menarik serta sangat atraktif dalam hal desain, namun hal tersebut akan membuat para pengunjung website terlalu pusing untuk memahami isi website anda bahkan saat dalam proses transaksi pembelian. Ada baiknya bila anda melakukan beberapa pengujian yang dapat menolong anda dalam membuat website toko online dari sisi pelanggan.

Dan inilah beberapa solusi yang bisa meningkatkan pengunjung website serta meningkatkan angka pembelian terhadap produk yang anda jual dengan beberapa teknik yang cukup sederhana.

 

  • Pastikan “Shopping Cart” Anda terlihat dengan Jelas

Saat konsumen menambahkan item produk ke keranjang belanja/cart, hal yang mereka inginkan adalah mendapat kepastian bahwa barang belanjaan tersebut sudah tercatat.

Maka dari itu, jangan lupa untuk memastikan agar jelas informasi item produk konsumen yang telah dibeli, dan juga petunjuk terkait produk untuk checkout.

Berdasarkan data checkout yang jelas juga akan membantu mempermudah proses transaksi dari berbelanja.

Anda juga membuatnya lebih jelas dengan pemberian warna yang lebih jelas dan kontras di bagian informasi item produk serta link checkout agar mudah dilihat.

 

  • Sediakan Preview Produk

Pengunjung yang mencari produk secara online menginginkan halaman kategori dan menemukan produk yang praktis dan simple.

Disebabkan karena lambatnya kecepatan loading atau berbagai proses, meng-klik masing-masing produk secara memisah akan membuat waktu terbuang lama dan hal tersebut jelas dihindari oleh pengunjung. Dengan mencantumkan preview cepat terhadap kategori dan pencarian produk akan membikin konsumen lebih nyaman dalam melirik sebelum melihat detail produk secara lengkap.

 

  • Tampilkan dengan jelas ketersediaan produk anda

Untuk toko online yang sibuk, stok produk acap kali berubah. Ketika pengunjung meluangkan waktu membandingkan produk, menemukan produk dengan harga yang tepat dan membeli produk tersebut, hal tersebut akan sangat mengecewakan ketika produk tersebut telah habis stoknya atau out of stock, hal tersebut juga akan menyebabkan pembeli kabur.

Untuk itu, berikan informasi secara real-time stok produk anda dan juga informasi ketersediaan produk anda pada halaman detail produk.

 

  • Hilangkan hal yang dapat membingungkan pada proses checkout

Ketika konsumem sedang dalam proses checkout, buatlah sebuah alur dan prosedur yang jelas. Ketika mendesain pun ada baiknya bila anda menghilangkan item seperti navigasi sidebar, ini bertujuan agar proses tetap fokus pada checkout. Tak perlu perhatikan dulu promosi penjualan anda. Setiap detik pada halaman checkout akan sangat berguna untuk bisa memastikan bahwa transaksi pembelian akan terjadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*