Bos Blibli Akui E-Commerce Kebanyakan Jual Barang Impor

Bos Blibli Akui E-Commerce Kebanyakan Jual Barang Impor

CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengakui ada dominasi produk impor yang diperdagangkan di e-commerce. Di Blibli, menurut dia, dari 2,5 juta produk, hanya sekitar 100 ribu yang merupakan produk dalam negeri.

Namun begitu, Kusumo membantah jika penyelenggara e-commercedibilang abai dengan kondisi ini. Ia menyebut, Blibli sendiri memiliki tim khusus yang terjun langsung ke sentra-sentra produksi di daerah untuk menemui para pelaku UMKM. Tim ini bertugas mengajak pelaku UMKM untuk memasarkan produknya lewat Blibli.

Dari 2,5 juta lokal produsen itu hanya 50-100 ribu produk. Masih kecil memang, Pak. Memang dilihat banyak tapi masih kecil,” ujarnya di Hotel Borobudur. Dia menjelaskan saat Blibli berdiri, baru 3.000 produk yang berhasil dijual. Di usia yang ke-6 tahun, Blibli berhasil menjual produk sebanyak 2,5 juta setiap harinya.

“Kami ingin bilang bahwa kami masih Startup. Umur baru 6 tahun. Singkat kata kita lumayan bersyukur karena kami masih terus berkembang. Kami awalnya mempunyai 3 ribu macam produk sekarang sudah di angka 2,5 juta,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk terus mendorong dominasi produk dalam negeri. Bahkan, pihaknya ingin agar produk dalam negeri bisa banyak diekspor ke sejumlah negara.

“Boleh banyak barang-barang yang Indonesia harus impor, tapi kami harapannya lokal produsen bisa ekspor,” tandasnya.

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*