Arti B2B B2C C2C B2B2C B2G dan B2E Dalam E-Commerce

Jika anda melihat judul artikel diatas pasti awalnya anda mengira kalau itu adalah rumus kimia seperti H2O, namun sebenarnya bukan. B2B B2C C2C B2B2C dan B2E adalah singkatan singkatan atau istilah yang sering digunakan dalam dunia e-commerce. lalu apa kepanjangannya dan pengertiannya?
Berikut ini adalah penjelasan apa arti B2B B2C C2C B2B2C dan B2E dalam e commerce?
    1. B2B Business to Business
Artinya adalah transaksi antara pemilik usaha yang satu ke pemilik usaha yang lain, atau lebih mudahnya adalah transaksi antarperusahaan.
    1. B2C Business to Consumer
Artinya adalah kegiatan ecommerce yang dalam prosesnya melibatkan antara penjual dan pembeli. Contoh umumnya adalah toko online yang dimana pembeli memesan produk, kemudian mentransfer sejumlah uang, kemudian menerima kiriman dari perusahaan tersebut.
    1. C2C Consumer to Consumer
Artinya disini adalah konsumen yang menjual barangnya melalui pihak lain agar bertemu dengan konsumen atau pembeli baru. Biasanya merupakan barang bekas yang dijual secara lelang yang diiklankan dalam batas waktu tertentu.
    1. B2B2C Business to Business dan Business to Consumer
Penjelasannya, merupakan campuran dari B2B dan B2C dimana kegiatannya berupa perusahaan tidak hanya menyediakan produk atau jasa mereka untuk perusahaan lain, melainkan juga disediakan untuk consumer atau pembeli.
    1. B2G Business to Government
Penjelasannya, hampir serupa dengan B2B namun pihak yang diajak kerja sama dalam hal ini adalah pemerintah dalam melengkapi ketersediaan produk atau jasa yang biasanya dilakukan secara tender.
    1. B2E Business to Employee
Penjelasannya, merupakan layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan untuk karyawannya atau pekerjanya. Sebagai contoh, untuk mempermudah proses kepegawaian seperti proses cuti atau ijin kerja yang menggunakan formulir online yang harus diisi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*