Alasan Shopee Menggratiskan Ongkos Kirim

Salah satu E-commerce di Indonesia yaitu Shopee baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke2. Dalam ketatnya persaingan e-Commerce di Indonesia, sejak saat kemunculannya hingga saat ini  Shopee mengandalkan gratis ongkos kirim (ongkir) ke semua penggunanya tanpa terkecuali.

Lantas, mengapa Shopee masih terus mengandalkan gratis ongkir ini? Disampaikan Head of Operations Shopee Handika Jahja, layanan gratis ongkir tersebut akan terus diberlakukan karena merupakan strategi utama perusahaan.

Alasan lain mengapa Shopee menggratiskan ongkir adalah ingin memberikan kemudahan dan pengalaman menyenangkan bagi pengguna, khususnya yang berasal di daerah.

“Ini juga menjadi salah satu strategi kami untuk bisa berkompetisi dengan para pemain (pesaing) lainnya. Jadi intinya kami ingin selalu memberikan pengguna kesempatan untuk mencoba Shopee,” tambahnya.

Baca Juga : Direktur Peraturan Perpajakan Masih Terus Membahas Mengenai Pajak Ecommerce Indonesia

Walau di Indonesia Shopee masih gratis ongkir, negara operasional lainnya ternyata sudah tak lagi mengadopsi gratis ongkir. “Beberapa negara di mana kami beroperasi memang masih gratis ongkir, tapi ada juga yang tak lagi gratis ongkir.” Ucap Handika

Sampai kapan mereka optimistis bisa bertahan dengan ketiadaan ongkos kirim? Shopee memang berencana menggratiskan ongkos kirim dalam jangka panjang. Hanya, mereka mengaku belum tahu hingga kapan strategi ini akan berjalan.

Adapun prioritas kedua di survei tersebut adalah keamanan. Untuk hal ini, kebanyakan e-Commerce sudah mampu menanganinya antara lain garansi shopping, rekening bersama, dan masih banyak lagi.

“Ini cuma preferensi dari strategi bisnis. Kalau teman-teman (pemain e-Commerce) yang lain memilih investasi di advertising, Shopee justru pilih investasi untuk free ongkir (ongkos kirim),” lanjutnya.

Shopee mengaku, dana untuk gratis ongkir ini sangat besar, meski tidak diketahui berapa nominalnya. Namun yang pasti, Shopee memiliki dukungan finansial cukup kuat untuk menggratiskan ongkos kirim.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*