5 Fakta Menarik Seputar Belanja Online di Indonesia

haxtunchamber.org - 5 Fakta Menarik Seputar Belanja Online di Indonesia

Mungkin hal yang paling sering dilakukan ketika sedang berselancar di internet adalah  Mungkin jawaban yang sering kita dengar adalah sedang membuka jejaring sosial. Jejaring sosial kini menjadi alasan utama mengapa mayoritas orang berselancar di internet, Namun kita semua paham bahwa tak hanya sekedar berselancar saja yang dapat dijadikan suatu alasan.

Karena mungkin saat ini sedang gencar dengan kegiatas jual-beli atau bertransaksi secara online. Namun pada faktanya, kegiatan berbasis online tersebut sudah cukup populer di Indonesia, walaupun masih ada sebagian kalangan pula yang masih enggan mengikuti tren dalam rantai ekonomi berbasis digital tersebut.

Beralih dari hal tersebut, dari sini kita sendiri bisa mengambil suatu kesimpulan berupa fakta nyata yang memang terjadi di Indonesia mengenai kegiatan transaksi berbasis online tersebut, antara lain :

 

1. Mayoritas Pelanggan Toko Online adalah Kaum Perempuan

Tak perlu heran, kini kaum perempuan masih menjadi mayoritas pelaku belanja mau secara offline maupun online, Bahkan berdasarkan survey yang telah dilakukan, sekiranya sebanyak 58% pelaku belanja online merupakan perempuan.

Jadi kalau istri atau keluarga anda yang berjenis kelamin perempuan banyak menghabiskan waktunya melirik barang dagangan yang dijual di Lazada atau Tokopedia misalnya, tak perlu heran, karena mungkin sebagian besar orang lain juga melakukan kegiatan yang sama.

2. Produk Fashion Adalah Produk Terlaris di Toko Online

Bila mengambil kesimpulan fakta diatas, kita juga bisa mengaitkannya menjadi alasan mengapa busana masih menjadi produk yang paling laris di pasaran. Masih dari hasil survei yang sama, produk fashion telah merangkak pada angka 71,6% dari seluruh produk yang dibeli dari Toko Online, setelah itu disusul oleh produk make up atau kosmetik dengan jumlah 20%.

Sedangkan gadget menduduki posisi ketiga dengan angka 17,1%. Lalu posisi keempat dan kelima ditempati oleh jasa travel dan buku, yang keduanya memiliki persentase sebesar 9,7%.

3. Sosial Media Menjadi Lokasi Utama Transaksi Jual-Beli Online

Dari sekian banyak media penjualan online – forum jual-beli, sosial media, mailing list, blog, online store, messenger serta komunitas online – sosial media kini menempati posisi pertama sebagai tempat yang paling sering digunakan oleh pebisnis online di Indonesia, yakni mampu menembus angka 64,9%.

Posisi kedua diduduki oleh  Messenger dengan persentase 22,9%. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa transaksi jual-beli online di Indonesia acap kali melibatkan penjual dan pelanggan secara langsung serta tak perlu perantara.

4. SMS banking Merupakan Transaksi Pembayaran Terpopuler

Tak perlu melihat domisili pengguna, SMS banking merupakan metode pembayaran yang paling sering dipakai, Sebesar 67% dari total pengguna. Hal ini cukup wajar bila melihat jejaring sosial sebagai media berjualan online yang terpopuler, dimana transaksi biasanya dilanjutkan oleh transfer dana dari rekening pembeli ke penjual.

Internet banking menyusul di posisi kedua, mencatatkan angka 33% dari total transaksi jual-beli online. Kendati demikian, sebesar 56,5% dari aktivitas internet banking dilakukan melalui aplikasi yang ada pada perangkat mobile.

5. Takut Kecewa dan Ditipu Adalah Alasan Utama Mengapa Sebagian Orang Juga Enggan Berbelanja Online

Tak hanya sekedar berbelanja online, bahkan sebesar 72,7% pengguna internet di Indonesia enggan berbelanja secara online – pada tahun 2017 ini telah diperkirakan bahwa persentase tersebut telah menurun. Alasan paling umum yang membuat pengguna internet enggan untuk berbelanja online yakni bahwa prose jual beli akan berlangsung lama.

Selain khawatir prosesnya akan memakan banyak waktu, 38% pengguna internet di Indonesia tidak mau berbelanja online karena khawatir barang yang dijual tidak sama dengan ekspetasi, atau bisa dikatakan takut ditipu oleh penjual barang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*