3 Marketplace Favorit Pilihan Konsumen Indonesia

haxtunchamber

Situs Marketplace online atau lebih akrab disebut e-Commerce di Indonesia dapat dianggap makin merajai pasaran konsumen. Terlebih, koneksi dan jaringan internet dan juga perkembangan teknologi smartphone kian merangkak makin memudahkan para pengguna guna berbelanja secara online.

Dari hasil data yang diberikan oleh biro riset Frost & Sullivan, dengan China, Indonesia kini jadi negara dengan pertumbuhan pasar e-Commerce paling besar di dunia dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen pada tiap tahun.

Dalam hal tersebut, tak perlu heran bila kegiatan berbelanja online saat ini jadi gaya hidup yang diminati oleh banyak orang. Hal tersebut pun memicu timbulnya berbagai lapak online baru yang muncul dan bersaing di industri pasar online di Indonesia.

  • Tokopedia

haxtunchamber

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang diprakarsai oleh PT. Tokopedia. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya bersama Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia diusung sebagai marketplace pertama yang dapat diakses oleh publik dalam versi beta sejak tanggal 17 Agustus 2009 silam.

Baca Juga : Pungutan Pajak Toko Online Akan Selesai Akhir September 2017

Kini Tokopedia makin berhasil menjadi situs marketplace online sebab tingkat kunjungannya tertinggi di Indonesia, yaitu di peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Tak hanya itu, Tokopedia pun telah mempunyai lebih dari 20 ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar, serta ratusan ribu produk.

Bahkan, di awal masa berdirinya, dalam periode Agustus 2009 sampai Agustus 2010 Tokopedia berhasil mencatat total transaksi sebesar hampir Rp 6 miliar.

 

  • LAZADA

haxtunchamber

Lazada sendiri merupakan marketplace online yang bermula pada perusahaan raksasa ritel asal Jerman bernama Rocket Internet. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Lazada hadir sejak 2012 kemarin.

Toko online yang dijuluki sebagai Amazon-nya Asia ini menyajikan berbagai jenis produk apapun. Mulanya dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan sampai produk kecantikan.

 

  • Bukalapak

haxtunchamber

Bukalapak.com merupakan salah satu situs online marketplace yang juga populer di Indonesia. Perkembangan situs ini sebagai jaringane-Commerce dapat dibilang sangat pesat.

Website Bukalapak.com tersebut hadir pada awal Januari 2010, debgan respon dari masyarakat ternyata sangat luar biasa. Bukalapak.com pun telah berhasil meraup hingga lebih dari 190 ribu penjual (seller). Dari angka tersebut lebih banyak dari situs internet jual beli manapun di Indonesia.

Kesuksesan itu pulalah yang membuat PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk, PT. Kreatif Media Karya berani menginvestasikan dana Seri B terhadap Bukalapak. Dengan dana yang didapat, CEO Bukalapak Achmad Zaky optimis bahwa bisnisnya akan semakin berkembang pesat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*