2018 Bukalapak Optimis Akan Banyak UKM Yang Bergabung Menjadi Pelapak

2018 Bukalapak Optimis Akan Banyak UKM Yang Bergabung Menjadi Pelapak

Seiring dengan pertumbuhan bisnis online di Indonesia, Bukalapak berupaya memperkuat bisnisnya di dunia online. Bukalapak pun yakin akan semakin banyak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergabung menjadi pelapak (penjual di Bukalapak) pada tahun 2018.

CEO Bukalapak, Achmad Zaky, optimistis bisa memiliki tiga hingga empat juta pelapak pada tahun depan. Saat ini, sebanyak dua juta pelaku UKM Indonesia telah menjadi pelapak dengan sebagian besarnya berada di Pulau Jawa.

Kita optimistis karena UKM ini adalah backbone (tulang punggung) ekonomi Indonesia dan jumlahnya juga sangat banyak. Kalau berdasarkan data pak Menteri (Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga), ada sekira 50 juta UKM, kita baru punya 2 juta, kita yakin nanti bisa capai 10-20 persennya,” jelas Zaky dalam acara Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak di kawasan Jakarta.

Optimisme Bukalapak disertai dengan serangkaian strategi yang diyakini bisa membantu merealisasikan targetnya tersebut. Diungkapkan Zaky, salah satu strategi utama Bukalapak adalah memperkuat komunitasnya, yang saat ini telah tersebar di sekitar 80 kota di seluruh Indonesia. Komunitas ini terbentuk dari inisiatif para pelapak sendiri.

Baca Juga :  Bos Blibli Akui E-Commerce Kebanyakan Jual Barang Impor

Pihak Bukalapak pun lebih mudah memberikan edukasi dengan adanya komunitas, yang diharapkan bisa membuat UKM digital semakin berkembang. Zaky mengklaim, edukasi tersebut memberikan banyak dampak positif termasuk angka penjualan yang mengalami peningkatan.

Perkembangan bisnis digital ini, pada akhirnya diharapkan dapat membuat lebih banyak pelaku UKM melebarkan sayapnya ke ranah digital. “Kita memberikan edukasi jadi mereka lebih pintar (bisnis online) dan penjualan pun menjadi lebih tinggi. Kita sangat aktif sekali untuk hal itu,” tutur Zaky.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*